kain bermotif batik sidobatik

Membuat Kain Bermotif Batik Di Sidobatik Brand

Membuat Kain Bermotif Batik Desain Custom

Membuat Kain Bermotif Batik Di Sidobatik Brand. Halo sobat semua, untuk membuat kain bermotif tidak mudah. Hal ini membutuhkan tekhnik membuat kain bermotif batik dengan beberapa cara. Batik adalah gambaran perpaduan dari titik – titik gambar yang terpadu. Sidobatik membuat kain bermotif batik sesuai dengan desain yang sobat inginkan.

Kain batik sudah banyak di pasaran, bermacam motif batik yang beredar luas. Kain batik itu unik, dengan bentuk yang punya makna bagi pembuatnya.

Mendesain motif batik ternyata tidak mudah. Desain batik dengan motif batik tradisional, membutuhkan kecakapan yang luar biasa. Apalagi jika motif itu nyanggit.

kain bermotif batik sidobatik brand

Membuat kain bermotif batik di awali dengan pembuatan pola batik. Pola ini biasanya dibuat di atas kertas putih polos.

Kemudian untuk membuat kain bermotif batik, kita menggambar dengan pensil rancangan motifnya. Motif tersebut akan menjadi pola awal, sebelum arsiran di canthing.

Untuk membuat kain bermotif batik, penekanan ujung pensil dikondisikan sedemikian rupa. Jadi tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis.

Motif batik yang digambarkan nantinya akan menjadi karya desain yang unik dan menarik.

Membuat Kain Bermotif Batik Dengan Kesabaran

Bagi yang sudah terbiasa dalam membuat kain bermotif batik, akan lebih mudah prosesnya. Banyak desainer grafis, yang bisa membuat desain gambar namun belum tentu bisa membuat desain batik.

Saya sering menemukan, desainer grafis yang pandai membuat grafis bentuk namun ketika saya minta untuk membuat motif bertema batik, mereka cukup kesulitan.

Membuat kain bermotif dibutuhkan kesabaran. Memulai untuk melukiskan pensil, dengan ide tertentu biasanya juga akan sedikit kesulitan. Namun, ide ini tak boleh terhenti harus terus berkembang agar terjadi kesesuaian antara ide dan gambar batik yang akan dibuat.

Karya seni batik, dengan tingkat kerumitan memang menjadi hal unik.

Maka, tak heran apabila batik handmade atau batik full tulis harganya lebih mahal daripada batik lainnya. Hal ini sudah saya bahas di tulisan sebelumnya.

Dalam proses membuat batik tulis, tingkat kesabaran lebih tinggi.

Pengrajin batik dengan menggunakan alat yang disebut dengan canthing, menempa pola gambar yang sebelumnya di gambar dengan pensil.

Digunakan alat – alat membuat batik tulis, sehingga ini merupakan sebuah karya seni tinggi yang penuh dengan makna filosofinya.

Ketelatenan dan kesabaran adalah hal wajib, agar karya seni menghasilkan produk yang benar  – benar indah.

Nilainya pun cukup tinggi, jika dibandingkan dengan produk karya kain bermotif batik lainnya. Tentu saja, sebab proses yang membedakannya.

Sebuah Karya Seni Kain Bermotif Batik Yang Disebut Dengan Batik

Sobat bisa membedakan bagaimana hasil dari sebuah konsep kain bermotif batik, dengan proses pembuatan secara full tulis.

Ini adalah sebuah karya seni, mengandung nilai entitas tinggi.

Makna yang ada dari setiap goresan, dimana doa dan harapan dari pembuatnya yang menghasilkan sesuatu yang indah. Namun, terkadang tidak banyak yang paham sehingga memberi nilai rendah dari harga yang ditawarkan tetap di nego serendahnya.

Kain bermotif batik, bagi sebagian orang bisa menjadi sebuah identitas kebanggaan. Dan bagi masyarakat kita, ini merupakan budaya dan mempunyai nilai yang khusus.

Batik adalah mbabar titik, artinya menyatukan titik – titik goresan gambar menjadi satu line atau garis yang terus disambungkan sedemikian rupa sehingga mempunyai bentuk yang unik.

Batik – batik dengan motif tradisional kaya akan makna. Sebagai contoh adalah motif batik parang kusumo.

Motif Parang Kusumo Sebuah Identitas Khusus Bagi Keluarga Kerajaan

Motif ini sudah biasa kita lihat. Dulu, motif ini hanya dibuat oleh keluarga kerajaan. Rakyat tidak diperkenankan untuk memakainya. Motif bermakna yang hanya di pakai oleh keluarga kerajaan kala itu.

Motif batik Parangkusumo terdiri dari unsur motif api dan motif mlinjon.

Motif-motifnya tersusun menurut garis diagonal, motif api atau motif parang posisinya bertolak belakang dengan motif mlinjon yang berbentuk segi empat belah ketupat.

Di tengah – tengah motif api terdapat dua motif bunga kecil yang bertajuk tiga dan saling bertolak belakang. Motif batik parang kusuma biasanya digunakan untuk busana pengantin Ksatrian Ageng.

Baca Juga  Pesanan Seragam Motif Germas

motif batik parang kusumo

Pengertian bunga sama dengan kusuma yang mempunyai makna generasi muda bunga harapan, Jika dirasakan dengan arti perlambangnya memang sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai busana putra-putri Sultan yang semula digunakan untuk malem selikuran, sekarang menjadi busana pengantin.

Makna yang terkandung dalam motif ini adalah bahwasanya hidup harus dilandasi oleh perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin sebagaimana wangi harumnya bunga.

Bagi orang Jawa keharuman yang dimaksud adalah keharuman batin dan perilaku, keharuman pribadi, taat pada norma-norma yang berlaku dan bisa membawa diri agar dapat terhindar dari berbagai bencana.

Kain Bermotif Batik Banyak Macamnya, Ini Salah Satunya

Sobat sidobatik, duni batik itu luas. Banyak sekali macam motif batik di Indonesia.

Macam – macam motif itu tentunya hasil karya anak bangsa, merupakan sebuah produk yang punyai nilai seni dan budaya.

Dibuat pada tatanan waktu dan masa tertentu. Dalam proses yang cukup lama, dengan tujuan tertentu pula.

Jika berbicara tentang batik, sudah pasti batik tulis adalah batik itu sendiri. Dengan proses yang penuh ketelatenan dan kesabaran seperti ulasan di atas.

Makna motif di hasilkan pun punya arti, sebagaimana salah satu contoh motif tradisional di atas.

Namun sobat, banyaknya peluang usaha dibidang kriya batik ini membawa konsekuensi pula di dunia perbatikan pada umumnya.

Ada tujuan dari pengusaha batik itu sendiri dalam membuat kain bermotif batik.

Tujuan paling banyak dan dominan tentunya adalah peningkatan finansial benefit dari produksi kain bermotif itu.

Nah, selain itu semakin banyaknya permintaan akan kain bermotif batik ini membawa ke ranah bagaimana supaya hal ini semakin membawa manfaat sosial yang luas.

Pola pemberdayaan bagi masyarakat, usaha yang membuka lapangan kerja luas dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa, tujuan peningkatan penghasilan merujuk pada peningkatan omzet.

Strategi pengusaha kain bermotif batik dalam tujuan lebih besarnya adalah peningkatan omzet, konsekuensinya adalah meramu proses pembuatannya.

Berbagai tekhnik pembuatan di jajal, dengan pilihan kecepatan serta kemudahan memproduksi lahirlah kain – kain bermotif batik yang mirip dengan batik itu sendiri.

Kenapa bisa seperti itu, sebab motif yang dibuat juga merupakan motif batik sama hal nya dalam batik tradisional seperti motif parang kusumo. Bahkan motif tradisional lainnya.

Akan tetapi, tidak dengan metode batik tulis. Peningkatan serta percepatan proses menghasilkan kain bermotif batik dan masyarakat sudah terbiasa menyebutnya batik.

Kain bermotif batik salah satunya hasil dari proses penggandaan atau pengcopy an motif dengan metode printing.

Metode printing membawa hasil lebih cepat sebab tujuan pengusaha adalah peningkatan omzet. Bukan semata tujuan untuk karya seni semata.

batik printing sidobatik

Kain Bermotif Batik Dengan Metode Malam Print

Sobat sidobatik, setelah menelaah ulasan di atas. Kita paham bahwa mengapa kain bermotif batik punya pasar luas dan banyak diproduksi secara massal.

Salah satu alasan adalah tujuan peningkatan produksi secara cepat yang menjadi tuntutan dari para konsumen yang menginginkan.

Dalam ekonomi, semakin banyak permintaan maka harga semakin turun. Konsekuensi ini membuat nilai kain bermotif batik lebih rendah daripada nilai harga batik tulis itu sendiri.

Metode pembuatan dengan printing pun tidak hanya satu macam. Biasanya sobat melihat dan mendapatkan produk kain bermotif batik dipasaran lebih banyak menggunakan metode printing warna.

Printing warna dalam prosesnya menggoreskan atau menggesekkan warna dengan menggunakan kassa atau screen yang telah dibuat dengan gambar motif tertentu.

Printing warna tidak menggunakan lilin malam (wax ).

Ada satu metode pembuatan kain bermotif batik yaitu metode malam print. Seperti halnya proses di sidobatik. Kami mencoba memberikan atau menyelesaikan permasalahan permintaan pasar yang menginginkan kain bermotif dengan hasil identik dengan batik itu sendiri.

Hal ini bisa dilakukan dengan metode malam print, dimana dalam menggoreskan atau menggambar pola lebih cepat dan lebih banyak hasilnya namun tetap menggunakan lilin malam ( wax ) sebagai perintang warnanya.

Hasil produk ini, mirip atau identik dengan hasil batik tulis atau cap.

Namun, tentunya tidak sama.

Tingkat kesempurnaan dalam penutupan warna serta lilin malam, tidak bisa sama dengan batik tulis. Juga dalam menghasilkan warna pada garis motifnya. Tidak seperti batik tulis pada umumnya, yang bisa menghasilkan corak garis berwarna – warni.

Baca Juga  Analisa Kebutuhan Modal Untuk Usaha Batik Tulis

Biasanya, dengan sekali tahapan saja. Sehingga, dari kain mori putih langsung di tutup dengan lilin malam, maka line gambar nya pun cenderung berwarna sama dengan warna bahan kain mori nya yaitu putih.

batik malam print sidobatik

Sobat sidobatik bisa melihat line putih pada gambar di atas. Sobat sudah bisa membedakannya kan ?

Line ini bisa diberi warna selain putih, namun tentunya pewarnaannya bukan hanya sekali saja. Prosesnya memakan waktu lagi, dengan pewarnaan dasar pada kain mori nya terlebih dahulu.

Pilihan Kain Bermotif Batik Pada Konsumen Sebagai User

Sobat yang berbahagia, untuk menentukan siapa saja yang berhak menentukan pilihan dalam produk di atas tentunya pilihan ada pada sobat sendiri sebagai user.

Konsumen adalah raja, yang bebas menentukan pilihannya.

Kecenderungannya, adalah bagaimana mendapatkan harga kain bermotif batik dengan harga murah namun kualitas bagus.

Nah, perbedaan proses pembuatan kain bermotif batik dengan cara printing warna dan malam print adalah pada sisi warna yang dihasilkan.

Kain bermotif dengan proses printing warna, biasanya tidak tembus pada kedua sisi kain. Warna pada sisi bagian atas bagus, sisi bawah kurang jelas atau cenderung hanya menempel baik di bagian atas saja.

Sedangkan, kain bermotif dengan metode malam print identik dengan batik tulis atau cap, dimana dalam proses pewarnaannya secara manual colet.

Warna yang di timpahkan pada kain, berupa campuran warna dengan air yang mudah meresap di pori atau serat kain. Sehingga warna itu akan tembus pada kedua sisi kainnya.

proses pewarnaan batik colet

Salah satu gambaran pada proses pewarnaan kain bermotif batik di sidobatik.

Produk kain bermotif batik di sidobatik dijamin tembus kedua sisi kainnya. Perintang warna tetap menggunakan lilin malam ( wax ), ini dengan metode malam print.

Harga nya pun sangat terjangkau, bahkan mungkin bisa dikatakan sangat murah dibandingkan dengan yang lainnya.

Kain bermotif yang dihasilkan dengan ukuran per potongnya 2,2 meter. Dengan bahan kain katun primissima. Yang halus dan lembut nyaman dipakai.

Produk Dengan Harga Terjangkau Hasil Warna Tembus Dan Tidak Luntur

Proses pembuatan kain bermotif di sidobatik ini, menjamin kan konsumen akan mendapatkan harga terjangkau dengan kualitas warna tembus di kedua sisi kain serta tidak luntur.

Meski produksi bisa secara massal, namun dalam proses ini memang tetap dibutuhkannya kesabaran dan ketelatenan.

Kesabaran dan ketelatenan terletak pada proses mewarnai motifnya. Proses pewarnaan secara manual colet, memberikan sentuhan warna yang bisa bermacam – macam tidak terbatas.

Pilihan warna yang di hasilkan pun banyak, sesuai dengan permintaan konsumen. Artinya, apabila konsumen melakukan pemesanan sejumlah 40 potong, bisa meminta untuk dibagi menjadi 10 warna yang berbeda – beda. Bahkan bisa diproses menjadi 40 warna yang berbeda pula. Ini sulit jika dilakukan dengan metode printing warna.

sidobatik motif

Sebagai gambaran motif di atas. Dalam satu gambar atau kain bermotif tersebut, bisa dibuat dengan warna berbeda – beda sesuai dengan permintaan konsumen.

kain bermotif batik sidobatik

Bahkan di sidobatik ini, sobat bisa meminta warna dengan tekhnik gradasi. Tekhnik ini, biasanya dalam proses pembuatan motif abstrak kontemporer.

Motif abstrak kontemporer memberikan banyak keindahan warna yang berbeda – beda.

Selain harga yang terjangkau, sobat bisa memperoleh produk dengan keindahan warna yang bermacam – macam bentuknya.

Namun, hal ini terbatas dengan adanya konsekuensi harga apabila sobat menginginkan line motif berwarna warni. Artinya, biasanya kami memproduksi secara cepat dengan metode sekali pewarnaan. Maka dihasilkan line berwarna putih saja. Jika warna line harus berwarna, maka proses nya bisa dua kali atau lebih. Konsekuensi terhadap proses ini adalah harga yang berbeda dari standar produk di kami.

Pelanggan Produk Kain Bermotif Yang Terus Bertambah

Pangsa pasar batik itu luas. Dan banyak produsen kain bermotif batik yang bisa ditemukan. Karya desain yang menghasilkan corak motif kain bermotif pun cukup banyak di pasaran.

Baca Juga  BIP BEKRAF 2019 Dapatkan Hibah Modal Usaha Upto 100 Juta!

Dengan potensi ini, maka peluang usaha di bidang kriya batik cukup memberikan hasil. Selain konsep usaha yang tujuannya peningkatan pendapatan, juga memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitar.

Banyak kemudian pelanggan sidobatik terus bertambah, reseller yang bergabung juga semakin meningkat.

Kepuasan pelanggan menjadi faktor perhatian kami. Meski begitu, secara jujur bahwa kain bermotif dengan proses pewarnaan secara manual colet bisa tidak perfect seratus persen seperti halnya kain bermotif dengan printing warna.

pemesanan kain bermotif sidobatik

Konsekuensi ini dimaklumi, manakala hasil identik dengan batik tulis, keunikannya adalah memang di hal tersebut. Jelas ini dibuat dengan tangan, bukan mesin.

Bertambahnya pelanggan serta peningkatan permintaan produksi kain bermotif adalah sebab dengan hasil yang relatif bagus dan original unik motif serta harga terjangkau.

Desain Suka – Suka Sesuai Permintaan Konsumen Kami Buatkan Di Sidobatik

Dengan produk dan kualitas handmade warna manual colet, menghasilkan warna tembus di kedua sisi kain dan jaminan tidak luntur bahkan jika di pakai jangka waktu bertahun – tahun.

sidobatik

Kemudahan bagi konsumen adalah juga pada desain yang sesuai dengan permintaan. Gambar kain bermotif yang sesuai dengan keinginan dari konsumen.

Adapun sidobatik membantu konsumen mempunyai kain bermotif batik atau motif lainnya, sesuai dengan identitas gambar dari konsumen itu sendiri.

Makna gambar tadi sebagaimana keinginan konsumen, hal ini menjadi sebuah ciri khas tersendiri dengan pola motif khusus yang menjadi bagian dari identitas pemakainya.

produsen batik wonogiri

Misalnya saja, dengan gambar motif sesuai ciri khas daerah sumatera selatan. Ini mempunyai makna batik sumatera selatan seperti apa dan bagaimana keunikannya.

Atau desain motif yang ada logo atau lambang daerah tertentu.

Bahkan kain bermotif dengan gambar atau pola motif yang kontemporer. Yang kekinian, sesuai dengan desain motif yang diinginkan oleh konsumen itu sendiri.

desain mockup batik sidobatik

Salah satu contoh gambar mockup desain di atas original motif dari sidobatik.

Sobat sudah paham ciri khasnya ya. Nah, sekarang sobat pengen desain kain bermotif seperti apa. Bisa saja desain batik khusus tradisional atau kontemporer dengan banyak pilihan warna serta harga yang terjangkau.

Kami akan membantu mewujudkan keinginan sobat sebagaimana desain motif batik atau motif tertentu.

Desain Custom Kain Bermotif Batik Jadi Ciri Khas Identitas

Desain – desain kain bermotif yang kami buat menjadi primadona bagi banyak pelanggan kami. Tentunya karena original motif yang kami buatkan untuk konsumen itu sendiri.

Bagi konsumen, gambar desain tersebut menjadi sebuah identitas bagi pemakainya. Tujuannya adalah untuk kebersamaan sebuah kelompok atau massa tertentu.

Maka, spesial edition dari desain custom ini biasanya adalah untuk sebuah komunitas tertentu dari konsumen sidobatik.

Komunitas dengan identitas khusus, dengan desain custom yang unik dari original desain oleh sidobatik.

Pastinya ini khusus, limited edition bagi konsumen dengan berbagai komunitasnya. Desain custom tidak pasaran. Tidak dijual di pasaran, sebab desain menjadi hak paten dari konsumen itu sendiri.

Desain custom merupakan desain kain bermotif khusus sesuai dengan keinginan konsumen.

Desain custom dalam hal ini desain batik, sebagai gambaran awal dari proses pemesanannya kami buatkan mockup desainnya. Mockup ini memberikan penjelasan atau gambaran apabila kain bermotif nanti dijadikan fashion atau dijahitkan baju. Sehingga hasilnya sama atau dengan konteks yang mirip dengan desain custom tersebut.

Order Desain Custom Kain Bermotif Sidobatik

Sobat sidobatik yang berbahagia, dengan ulasan di atas tentunya sudah ada gambaran bagaiman kain bermotif ini kami produksi.

Sehingga sobat sudah menemukan tempat yang tepat manakala menginginkan fashion bermotif yang spesial sesuai dengan desain custom sobat sendiri.

Dengan kualitas dan harga yang terjangkau, dengan banyaknya pelanggan serta permintaan custom desain maka sobat tak perlu ragukan lagi bagaimana nanti kami akan membantu mewujudkan keinginan sobat.

Bagi yang berminat memiliki komunitas dengan identitas fashion unik desain custom original keinginan sobat, silahkan hubungi kami.

Tak perlu bingung atau mencari tempat produksi, kami sudah jelas dengan legalitas yang ada serta pencapaian dari penyelesaian solusi yang sobat inginkan untuk mempunyai kain bermotif khusus yang ciamik !

Klik ORDER.

Terimakasih

1 komentar untuk “Membuat Kain Bermotif Batik Di Sidobatik Brand”

  1. ulasannya sangat panjang sekali, bisa memberikan gambaran mengenai perbedaan batik asli dan kain bermotif batik. Konsumen bisa paham, dan akhirnya pilihan ada di user nya…keren !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *