Proses produksi batik sudah kami lakukan sejak tahun 2012. Awalnya, kami memproduksi batik tulis abstrak kontemporer. Brand yang kami tetapkan kala itu adalah PROBOPARON ABSTRAK. Dengan nama usaha CV. Probo Jaya, Akta Notaris No. 09, Tanggal 09 Januari 2014 Notaris Firdaus Mukti.

Konsep bisnis ini adalah membuat produk batik tulis dengan motif abstrak dan limited edition. Satu kain hanya satu motif yang kita buat dan tidak ada yang menyamainya. Video : Proboparon

Beberapa ulasan usaha antara lain : Bisnis UKM

Pemasaran secara online intens kami lakukan. Bahkan website kami kala itu pun sudah mempunyai ranking yang cukup bagus di SEO Google. Terbukti dengan kami daftarkan di adsense, google pun menerima dengan cepat. Alhamdulilah, konsep abstrak ini membawa perubahan mindset juga pada beberapa rekan di Wonogiri.

Dalam perkembangannya, kami mengalami kendala dalam hal proses produksi. Kesulitan dalam mencari personil yang mampu berkarya membuat motif – motif, kurangnya minat anak muda dalam berkarya serta sulitnya proses pembuatan batik menjadikan kami harus bereksperimen dalam upaya pengembangan proses produksi.

Tujuan eksperimen ini adalah bagaimana agar kami bisa membuat produk batik dengan metode yang cepat dan secara massal. Selain itu, bagaimana supaya proses produksi batik mudah dilakukan oleh setiap orang tanpa mempunyai keahlian dan bisa kami ajarkan pada setiap orang. Hal ini juga dalam menyiapkan era industri 4.0 dengan rangkaian upaya yang bisa kami modifikasikan sedemikian rupa. Kami juga ingin mengembangkan konsep proses produksi yang bisa menarik minat banyak warga masyarakat untuk bergabung, tujuannya agar banyak yang bekerja dan mengurangi pengangguran.

Akhirnya, eksperimen tekhnik pembuatan pun kami lakukan sehingga mulai tahun 2017, kami memperluas genre tekhnik. Genre Tulis Abstrak dan Genre kombinasi.

Di tekhnik kombinasi ini adalah mengubah proses penempelan  lilin malam ( wax )  yang membentuk motif di kain mori secara cepat dan bisa di produksi secara massal dengan hasil akhir  produk seperti batik tulis.

Sehingga, pada november 2017 kami mengubah brand dari Proboparon Abstrak menjadi SIDOBATIK. Sido dalam bahasa Jawa yang maknanya adalah “Jadi”. Sehingga, dengan konsep baru tersebut harapannya bisa membawa manfaat bagi banyak orang untuk “Jadi” membatik.

Dengan bendera baru CV. SIDO BATIK LESTARI.

Alhamdulillah, perjalanan bisnis dengan konsep dan metode baru ini membawa perubahan siginifikan.

Setiap hari, banyak warga masyarakat yang bergabung dalam proses produksi di sidobatik. Mereka pun mendapatkan kemanfaatan yang nyata, dengan sistem pembayaran borongan maka setiap hari sabtu mereka menerima uang hasil jerih payah nya. Sistem plasma serta padat karya tunai kami terapkan.

Warga masyarakat yang bergabung  kami berikan training selama minimal 1 minggu untuk proses pewarnaan kreatifnya ( creative colouring ). Proses pewarnaan batik di lakukan secara manual handmade dengan metode colet. Setelah training selesai dan kami anggap mampu untuk mewarnai batik, maka mereka bisa mengerjakan di rumah masing – masing. Sehingga saat ini, tim pewarna kami tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Terbentuk kelompok – kelompok tim pewarnaan batik. Semakin hari semakin bertambah kelompok masyarakat yang bergabung dalam ruang kreatif kami.

Model Bisnis

Sistem Produksi Handmade Work Art ( Karya Seni ) Limited Edition

Model bisnis di sistem ini adalah pembuatan produk batik berkarya seni dengan penggunaan canthing dan lilin panas sebagai perintangnya. Ini adalah batik tulis. Melihat peluang di pangsa pasar serta menjawab permasalahan sebagian besar anak muda bahwa ketika kami menemukan sebuah istilah memakai batik itu (terkesan) “Kuno”. Maka, kami memberikan solusi untuk generasi milenial dengan genre Batik Tulis Abstrak Kontemporer. Sidobatik juga memberikan edukasi bagi generasi muda untuk belajar tekhnik dasar membatik yaitu batik tulis. Bagaimana cara mencanthing motif dan sebagainya. Edukasi ini yang saat ini kami kembangkan meskipun dengan segala keterbatasan namun kami berupaya semaksimal mungkin mewujudkan serta melestarikan generasi canthingers untuk anak muda di sekitar kami.

Sistem Produksi Secara Handmade Batik Kombinasi ( Basis Massal/ Custom/Identitas )

Model bisnis di sidobatik menerapkan sistem produksi secara padat karya tunai dan pembentukan claster (plasma). Genre Kombinasi dengan sistem produksi dengan menggunakan lilin malam ( wax ) dengan metode penempelan lilin ( malam cair ) dengan sarana screen. Sistem pewarnaan dalam produksi batik dengan metode manual handmade secara colet. Untuk penguncian warna kami menggunakan alat atau mesin manual yang disebut dengan feeder. Selain itu, kami mengombinasikan varian produk di genre limited edition batik tulis abstrak dengan metode canthing dengan konsep motif abstrak kontemporer. Hal ini tetap kami jalankan mengingat histori awal bisnis ini terbangun serta mengkawal konsep pelestarian dari segi budaya atau tekhnik. Selain itu juga dalam rangka menambah varian produksi yang bisa di pesan secara satuan dan tampil beda setiap motifnya  ( limited edition ).

Berdasarkan riset produksi, kami menggunakan bahan baku utama katun primissima yang halus dan lembut. Kami memilih dan menetapkan bahan tersebut untuk menjaga kualitas produk. Kualitas produk menjadi faktor penting dalam produksi batik di sidobatik.

Sistem Pemasaran Secara Online ( E-Smart Marketing )

Dalam pemasarannya, kami menerapkan metode mockup selling. Selain metode satuan ( ready stock ). Metode ini adalah menjual desain motif yang sudah di desain sedemikian rupa dalam vintage gambar baju. Hal itu terbukti meningkatkan permintaan produksi batik khususnya pemesanan motif custom. Kami menerapkan sistem penjualan dengan tiga cara  yaitu Sistem keagenan, Sistem jual langsung satuan ( stok produk ) dan Sistem penjualan motif custom

Salah satu tujuan menuju era industri 4.0, Sidobatik menerapkan E-Smart Marketing system. Pemasaran utama saat ini kami lakukan secara online. Jalur marketing antara lain melalui website, media sosial, marketplace serta email marketing system. Kami melakukan riset pasar dengan konsep pemasaran yang kami lakukan saat ini. Penggunaan media online semakin berkembang. Kami berupaya memberikan kesempatan mereka bergabung dalam sistem pemasaran secara online dengan menjadi agen atau reseller.

Kemanfaatan Bisnis

Dengan menerapkan sistem produksi dan pemasaran tersebut serta mengubah brand dan genre produksi membawa perubahan cukup signifikan. Berbagai manfaat nyata kami peroleh baik financial benefit maupun social benefit .  Omzet per bulan semakin meningkat, margin usaha kami gunakan untuk pengembangan dan penambahan modal sarana prasarana untuk menambah stok produk motif – motif baru untuk penjualan secara satuan dan keagenan. Selain itu, varian motif dengan mockup selling membawa peningkatan pemesanan untuk motif custom semakin banyak. Dalam penerapan sistem cluster dan padat karya tunai, membawa manfaat cukup besar bagi masyarakat. Banyak yang akhirnya mendapatkan pekerjaan. Dari yang

tidak bisa menjadi bisa. Terbentuk kelompok – kelompok masyarakat untuk proses pewarnaan batik. Sistem pembayaran borongan kepada mereka, setiap seminggu sekali mereka menerima bayaran uang dari produk batik yang di warnai.