hibah modal usaha 2019

Hibah Modal Usaha 2019 Ini Salah Satunya

Hibah Modal Usaha 2019

Halo sobat sidobatik yang berbahagia, usaha membutuhkan modal agar bisa berjalan dengan baik. Modal sebenarnya bukan saja tentang uang, akan tetapi modal bisa berupa potensi diri sobat masing – masing. Kali ini saya akan sedikit memberikan informasi untuk sobat sidobatik mengenai hibah modal usaha 2019, ini salah satunya.

Baik, sebelum informasi tentang hibah modal usaha 2019 yang bisa bermanfaat untuk pengembangan usaha sobat, memulai membuka usaha tidak harus modal besar.

Sidobatik salah satu UMKM yang bergerak dalam industri batik, awalnya juga tidak dengan modal besar.

Usaha di bidang kriya batik, membutuhkan beberapa persiapan diantaranya adalah persiapan sarana dan prasaranya.

Sebagai sebuah usaha startup, seperti tulisan sebelumnya yaitu Startup sidobatik sebuah usaha ekonomi kerakyatan, sobat bisa mempunyai gambaran yang mungkin bermanfaat.

Di tahun 2012 saya memproduksi kain batik tulis dengan model abstrak kontemporer. Usaha ini berjalan, meski juga ada hambatan – hambatan. Tentunya, hambatan tak bisa lepas dari sebuah perjalanan usaha.

Salah satu hambatan yang ada adalah upaya memproduksi permintaan pasar dalam jumlah massal serta waktu yang relatif singkat. Padahal, dalam proses pembuatan batik tulis dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Modal Awal Mendirikan Usaha

Ketika ingin membuka usaha, kita akan berpikir darimana modalnya ? Berapa besar jumlahnya ? Ini lazim, manakala modal kita terbatas.

Dana awal mendirikan usaha bisa dari berbagai pilihan. Merencanakan keuangan sangat penting. Untuk itu mulailah dari sekarang dalam menyusun perencanaan keuangan sobat.

Modal awal bisa berapa saja, tergantung dari konsep usaha apa yang akan kita jalankan. Misal saja, memproduksi batik atau kain bermotif batik dengan sistem ready stok pasti membutuhkan modal di awal untuk biaya produksinya.

Baca Juga  Analisa Kebutuhan Modal Untuk Usaha Batik Kombinasi

Modal awal usaha ini bisa sobat dapatkan atau siapkan jauh sebelumnya. Modal awal mendirikan usaha bisa dengan saving atau menabung.

Rencanakan waktu dengan sebaik mungkin. Mulai sekarang menabunglah sedikit demi sedikit. Jika dirasa sudah cukup, dan perencanaan usaha sudah siap maka segera eksekusi saja.

Modal awal usaha juga bisa dengan melalui pinjaman. Meski saat ini sobat bisa meminjam di bank, saran saya tunda dulu untuk melakukannya.

Upayakan pinjaman bisa dari sanak keluarga atau teman.

Modal awal usaha bisa juga dengan modal patungan bersama teman yang se-visi dengan pemikiran sobat. Sharing modal ini bisa dilakukan dengan perencanaan usaha bersama – sama.

Sidobatik mengawali usaha dengan modal seadanya saja, dari tabungan serta pinjam sanak famili. Itupun tidak banyak. Yang terpenting cukup untuk sarpras awal pendukung produksi.

Alhamdulillah, saat ini perkembangan usaha berjalan dengan baik. Strategi marketing yang saya lakukan membawa dampak yang signifikan. Sidobatik tidak hanya memproduksi batik, namun juga kain bermotif baik itu motif batik atau motif apapun secara custom desain.

Modal Usaha Dari Konsumen

Kami menerapkan adanya pembayaran DP untuk PO order dari konsumen, nah DP tersebut membantu kami dalam menjalankan usaha. Sehingga, bisa berjalan sebagaimana harapan bersama.

Selain itu, ini merupakan bentuk komitmen bersama antara kami sebagai produsen batik atau kain bermotif batik dengan konsumen. Sehingga, ada ikatan bersama untuk saling membantu menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik – baiknya. Setelah uang muka atau DP sebesar 50% masuk, maka kami melanjutkan ke proses produksi.

Mendapatkan Modal Dari Hibah Modal Usaha

Sobat sidobatik, manakala sobat sedang merintis usaha mungkin yang menjadi kendala awal adalah di faktor permodalan. Tentunya dengan adanya modal atau fresh money, kita akan bisa menggerakkan usaha tersebut. Hal ini berlaku untuk usaha yang bergerak dalam bidang industri seperti sidobatik.

Baca Juga  BIP BEKRAF 2019 Dapatkan Hibah Modal Usaha Upto 100 Juta!

Banyak juga usaha yang “tanpa modal”, lebih tepatnya saya katakan usaha yang “minim modal”.

Misal saja kita awali sebuah usaha dengan menjadi reseller dari produk orang lain yang sudah ada. Dengan begitu, kita pun bisa mengumpulkan hasil margin usaha yang nantinya bisa kita gunakan sebagai modal usaha sendiri.

Apabila sobat ingin mencari modal usaha, saran saya ketika usaha baru berjalan maka gunakanlah modal seadanya terlebih dahulu. Jika pun kita meminjam, barangkali bisa dengan pinjam ke teman, saudara atau sanak famili terlebih dahulu.

Salah satu peluang untuk mendapatkan modal secara gratis adalah dengan mendapatkan modal hibah. Modal hibah ini tentunya juga tidak gampang, pasti membutuhkan perjuangan. Dan inilah seni nya sobat, ini asik. Kita juga bisa menguji kemampuan dalam pemahaman detail mengenai bisnis yang kita jalankan.

Hibah Modal Usaha BIP BEKRAF 2019

Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf ) Indonesia mempunyai program yang menarik untuk sobat coba. Program ini adalah Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) tahun 2019. Ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam membantu pelaku usaha atau UMKM di Indonesia agar bisa berkembang.

Pemerintah kita tidak tinggal diam, pemerintah sangat memperhatikan rakyatnya. Utamanya bagi para pelaku UMKM di Indonesia, ada kesempatan emas bagi sobat untuk mendapatkan hibah modal usaha.

hibah modal usaha 2019

Metode pemberian hibah modal usaha ini melalui sistem kompetisi, nah inilah perjuangannya !

Sobat tidak perlu berkecil hati, seperti yang saya katakan bahwa kita tidak akan pernah tau jika tidak mencoba, maka cobalah ikuti kompetisi hibah modal usaha BIP Bekraf 2019, jika sobat lolos sampai tahap akhir maka akan memperoleh bantuan berupa uang atau fresh money untuk membantu modal pengembangan usaha.

Baca Juga  Peluang Usaha Di Bidang Kriya Batik

Tak tanggung – tanggung lho. Nilai yang diberikan dalam program hibah modal usaha BIP Bekraf 2019 ini upto 100 juta ! Keren kan !

Untuk rencana tahapan program hibah modal usaha dari bekraf sudah kami ulas di tulisan BIP BEKRAF 2019

Sobat sidobatik bisa membacanya terlebih dahulu, insyaallah nanti saya akan coba berikan informasi lain mengenai cara mendapatkan hibah modal usaha, bagaimana tekhnik serta hal apa saja yang mungkin bisa memberikan referensi bagi sobat setia sidobatik

9 komentar untuk “Hibah Modal Usaha 2019 Ini Salah Satunya”

  1. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang andal berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan dan mereka yang menginginkan kekacauan keuangan dalam hidup mereka, kami memberikan kredit dengan tingkat bunga 2% yang sangat masuk akal, kami memberikan semua jenis pinjaman untuk membantu negara yang mengalami tekanan keuangan. Banyak yang menderita dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari bantuan keuangan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan bijak untuk Anda sekarang. Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan yang dipermasalahkan. Sebagai pemohon pinjaman, Anda meminta pinjaman dengan perincian kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail: mrjohnrobertloanfirm@gmail.com (Whatsapp) +221705916882

    1. untuk bantuan modal ada berbagai cara, salah satunya hibah modal usaha melalui kompetisi BIP Bekraf. Peluang lainnya melalui kompetisi Diplomat succes challenge. Ada lagi kompetisi deureuham yang bekerjasama dengan BNI syariah. Hibah modal usaha tersebut dananya tidak di kembalikan, digunakan untuk usaha serta meningkatkan perkembangan usaha. Silahkan di coba mengikuti kompetisi tersebut semoga berhasil.

  2. Bagaimana cara utk mendapatkan hibah modal yg tdk di kembalikan ini?
    Syingin mengembangkan usaha tas rajut saya .Yang saat ini sy hanya bs melayani PO.
    Tdk bisa nyetok.
    Trm ksh atas bantuannya .

    1. Halo mbak yayak selamat pagi…, setau saya begini mbak setiap tahun ada program dari pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf ) yang disebut BIP. Untuk tahun ini sudah mulai pelaksanaannya, mbak bisa ikut tahun depan dengan selalu cek update website nya. Begitu juga dengan Diplomat Succes Challenge. Namun, semuanya melalui sebuah sistem kompetisi atau penjurian mbak. Kami alhamdulillah tahun 2018 menjadi salah satu pemenang di BIP Bekraf. Namun begini mbak, sistem PO yang mbak jalani sama seperti yang saya jalani sekarang ini, saya pun juga belum bergerak secara konvensional. Akan tetapi melayani PO. Nah, modal nya dari customer dengan penerapan DP 50%. Alhamdulillah berjalan sampai saat ini, jadi saran saya mbak coba juga berusaha mengikuti kompetisi akan tetapi dengan yang mbak lakukan saat ini dengan sistem PO jg menerapkan DP untuk modal produksinya. Kalau sistem kompetisi memang tidak mudah, karena melalui beberapa tahapan dan penjurian. Mbak bisa juga mengajukan proposal ke CSR seperti pertamina melalui program PKBL nya, kalau PKBL tidak hibah akan tetapi pinjaman dana dengan biaya administrasi rendah kalau gak salah 3% per tahun efektif. Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat mbak dan tetap semangat usaha semoga sukses selalu..aamiin

    1. halo mas sarwo…makasih atas komentarnya, untuk hibah melalui sistem kompetisi mas. Ada hibah dari program BIP Bekraf 2019 dan Diplomat Succes Challenge X ( DSCX).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *