Jenis Batik Dan Tekhnik Pembuatannya

05 Januari 2012 - Kategori Blog

Seragam motif batik bermacam – macam dan bervariasi mulai dari jenis seragam motif batik dengan proses pembuatan secara manual tulis tangan, cap, printing warna maupun batik malam dingin. Dari setiap tekhnik pembuatan tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihan masing – masing. Pilihan terhadap proses pembuatan seragam motif batik dengan tekhnik apapun adalah prerogatif pemesan. Pastinya disesuaikan dengan kondisi budget serta kuantitasnya.

Berikut beberapa pilihan dalam pembuatan seragam motif batik dengan tekhnik pembuatannya

Batik Tulis

Proses pembuatan batik secara manual tulis tangan mempunyai kelebihan dibanding lainnya. Proses pembuatan seragam batik dengan metode tulis tangan membutuhkan proses cukup lama. Sebab semua dikerjakan secara manual satu persatu, menuliskan atau menggambar motif dengan lilin malam panas di kain. Sebelum pengerjaan motif dengan lilin, motif digambar dengan pensil terlebih dahulu. Kemudian, garis – garis motif tersebut barulah ditimpa dengan lilin malam panas. Dari segi proses, pembuatan seragam batik tulis membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini juga tergantung dari produsen batiknya, jika produsen batik mempunyai banyak pengrajin atau karyawan tentunya waktu pembuatan bisa dipercepat. Namun, tetap terbatas pada sebuah proses. Satu kain batik, minimal membutuhkan waktu 1 – 2 minggu untuk hasil sempurna. Kelebihan seragam batik tulis jelas. Selain ekslusif, seragam batik tulis pastinya punya nilai tersendiri bagi pemakainya. Bangga, lebih percaya diri dan penampilan semakin menarik. Pemesanan seragam batik tulis pun tidak harus membutuhkan minimal pemesanan. Sebab, 1 potong pun bisa diproduksi. Dari segi harga, seragam batik tulis lebih mahal dibanding dengan pembuatan seragam batik dengan tekhnik yang lain. Mahal nya ini merupakan sebuah harga dari sebuah proses. Menurut kami, pembuatan seragam batik tulis lebih murah dari segi biaya pokok produksinya. Tidak membutuhkan banyak hal, sederhana dan hasil nya bagus. Namun, mahal nya harga batik tulis adalah pada nilai prosesnya.

Batik Cap

Pembuatan seragam batik dengan metode cap bisa dikatakan hampir sama hasilnya dengan batik tulis. Batik cap juga menggunakan lilin malam panas sebagai perintang warnanya. Kelebihan dari proses ini adalah waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat dalam proses produksinya. Selain itu, kuantitas banyak pun bisa terkondisikan sesuai dengan rentang waktu tertentu. Harga seragam batik cap cenderung lebih murah dari seragam batik tulis. Hal ini dikarenakan proses pembuatan relatif cepat, menggunakan cap. Biaya produksi batik cap lebih mahal dari batik tulis, sebab pembuatan master cap pun juga mahal. Lempengan cap dari tembaga untuk motif tertentu kisaran 400 -1,5 juta. Dan keterbatasan dari cap adalah motif yang terkesan repeatan atau pengulangan.

Batik Kombinasi

Printing Warna

Seragam batik dengan proses printing warna mempunyai kelebihan dari segi harga serta waktu produksi. Namun, hasil motif batik untuk seragam print warna jelas masih dibawah batik tulis atau cap. Sebab, dalam proses ini tidak menggunakan lilin malam sebagai bahan perintang warnanya. Warna dari motif langsung di printkan ke kain. Harga dari seragam motif batik printing warna relatif murah. Namun, pemesanan seragam motif batik printing warna pasti ada minimal jumlah yang tidak sedikit. Biasanya kurang lebih 200 meter atau 100 potong. Proses ini menggunakan screen. Harga screen pun tidak murah, selain itu jumlah screen yang digunakan tergantung jumlah warna motif yang akan digunakan. Maka, sebenarnya proses pembuatan seragam motif batik dengan printing warna membutuhkan biaya produksi cukup tinggi. Utamanya dalam proses desain serta master screennya dan pada sistem steam untuk penguncian warnanya. Alat untuk memproduksi pun tidak murah. Pemilihan pembuatan seragam motif batik dengan metode ini cocok dilakukan untuk seragam massal dengan harga terjangkau.

Wax Print

Metode ini menjadi sebuah pilihan yang bisa dijadikan pilihan bagus. Membuat seragam motif batik dengan malam dingin dari segi hasil cenderung sama persis seperti batik tulis maupun cap.

Bahkan, bagi yang tidak memahami dunia batik, bisa mengatakan ini adalah batik tulis. Hampir tidak ada bedanya, proses pembuatannya menggunakan lilin malam juga. Bedanya adalah proses. Proses pembuatan seragam motif batik dengan metode malam dingin menggunakan screen. Yang di screen atau sablonkan bukan warna, melainkan lilin malam. Metode ini sama seperti metode pembuatan batik cap. Semua menggunakan alat untuk menempelkan lilin malam. Bedanya, jika batik cap dengan cap tembaga, batik malam dingin dengan screen.

Kelebihan dari proses metode ini adalah hasil yang bagus. Pewarnaan secara manual colet, sehingga kedua sisi kain tembus warna. Selain itu, dalam minimal order nya pun bisa terjangkau. Jika pemesanan seragam motif batik printing warna meski banyak, jika dengan metode ini cukup terjangkau. Harga dari seragam motif batik dengan malam dingin sangat terjangkau. Kualitas produk bagus, seperti batik tulis atau cap. Pengerjaan bisa dilakukan secara cepat dan minimal order terjangkau.

Kombinasi Cap Dan Tulis

Jenis ini dengan tekhnik memadukan alat yang digunakan. Selain menggunakan canthing, juga menggunakan cap untuk sebagian motifnya. Misal dalam pembuatan kombinasi abstrak, yaitu dengan motif cap disebagian motif serta canthingan di sebagian lainnya.

Kombinasi Cabut

Ini adalah tekhnik, seperti misalnya batik yang sudah jadi dengan tekhnik print warna kemudian beberapa bagian warna di cabut sehingga tinggal warna yang diinginkan.

Kombinasi Colet

Ini juga tentang tekhnik proses pembuatan, hal ini lebih mudah lagi. Sebagian saat ini juga banyak yang menggunakan jalan mudah dengan metode ini. Kain printing warna kemudian beberapa bagian di colet warna untuk menghasilkan warna baru yang menarik.

Kombinasi Cabut dan Colet

Memadukan tekhnik cabut warna serta kemudian memberi warna di sebagian motif dengan tekhnik colet.

Kombinasi Lainnya

Masih banyak lagi pengembangan tekhnik proses pembuatan batik. Hal ini merupakan salah satu bentuk kreatifitas pengrajin untuk lebih berekspresi.


Kesimpulan :

Jenis Batik ada 3, yaitu : Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Kombinasi. Hal ini berdasarkan cara atau tekhnik pembuatannya. Bukan motifnya.

Nah, yang diakui oleh Unesco adalah mengenai filosofi dan proses nya. Proses yang memberikan gambaran tentang makna membatik itu sendiri. Mbabar titik, mbatik. Hal ini ditemukan dalam sebuah proses Batik Tulis. Dimana dalam proses membutuhkan waktu, tenaga, kesabaran, keahlian, ketekunan dan keuletan. Filosofi tentang makna motif yang dibuat. History tentang makna motif yang dibuat dalam lembaran kain mori. Bahkan, pada sebuah perlakuan awal mempersiapkan kain mori sedemikian rupa.

Nah, dari penjelasan di atas tentunya bagi anda yang ingin membuat seragam motif batik bisa mempunyai gambaran. Berapa banyak jumlah yang anda butuhkan, berapa kemampuan budget anda, hasil seperti apa yang anda inginkan. Semoga bermanfaat.

sidobatik

 
Chat via Whatsapp