Apa Saja Alat Dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis ?

18 Februari 2012 - Kategori Blog

Alat dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

Jika ingin belajar membuat batik tulis, persiapkan alat dan bahan sebagai berikut ini :

Kain mori.

Kain mori putih merupakan bahan untuk membuat batik. Kain ini bisa kita dapatkan di pasar – pasar penjual kain. Kain ini warnanya putih, bahannya bisa terbuat dari katun, bahan dolby, paris maupun sutra. Yang lebih mudah digunakan sebagai bahan membuat batik adalah kain katun. Biasanya katun yang dipilih antara katun prima dan katun primissima. Dua bahan itu yang kebanyakan kita jumpai dalam membuat batik.

Canthing

Canthing adalah alat untuk membuat batik tulis. Canthing ini bentuknya lengkung pucuknya, dengan kepala canthing yang digunakan sebagai wadah lilin/malam. Lilin/malam akan mengalir melalui mulut canthing dan kita gunakan untuk menggambar motif di kain mori tadi.

Lilin/malam (wax )

Lilin atau malam ( wax ) merupakan cairan yang digunakan sebagai perintang warna. Terbuat dari bahan khusus, sehingga bisa digunakan untuk merintangi warna di kain mori tadi. Warnanya ada yang coklat bening, coklat hitam, maupun putih. Untuk bisa menggunakan lilin ini, kita harus memanaskannya dengan api. Api jangan terlalu besar, juga jangan terlalu kecil. Usahakan api tersebut merata ke seluruh permukaan bawah wajan yang telah di isi dengan lilin, sehingga lilin meleleh dengan sempurna.

Kompor

Kompor di gunakan sebagai alat untuk menopang wajan yang terisi lilin dan memanasi lilin tersebut. Biasanya untuk bahan bakarnya menggunakan minyak tanah. Namun saat ini minyak tanah susah di dapat bro ! Alternatifnya ya menggunakan solar ( kalau saya ) haha..kompor yang digunakan adalah kompor kecil, bukan kompor gas. Ingat, jangan kompor gas.

Wajan kecil

Wajan digunakan sebagai wadah lilin untuk dipanaskan. Seperti layaknya kita menggoreng. Setelah panas, maka lilin akan mencair seperti minyak goreng. Nah, kemudian cairan lilin kita ambil dengan canthing atau kuas untuk melukis atau menggambar pola di kain mori.

Pewarna

Batik akan lebih indah jika di warnai. Bener gak ? hehe. Nah, pewarna untuk batik bisa dari alam juga pewarna kimia. Mudahnya jika kita ingin praktis ya pakai pewarna kimia, namun jika suka dengan pewarna alam ya monggo – monggo saja. Pewarna alam lebih aman, awet serta harga batik nya pun mahal. Karena proses membuat warna alam pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Jadi wajar saja jika batik tulis dengan pewarna alam maka harganya jauh lebih mahal dari pada batik tulis dengan pewarna kimia.

Waterglass

Bahan untuk membuat batik tulis berikutnya adalah waterglass. Guna waterglass adalah sebagai pengunci warna yang telah selesai pada selembar kain. Dengan waterglass maka warna tidak akan luntur dan tercampur saat proses pelorodan.

Jimbeng

Alat dan bahan untuk membuat batik tulis lainnya saya sebut dengan jimbeng. Jimbeng adalah wadah untuk merebus kain setelah proses selesai, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan malam dari kain. Jimbeng bisa juga di ganti dengan wadah lain sesuai keinginan anda saja, jadi woles saja. Gak harus sama. Sesuaikan dengan kondisi yang ada.

, ,

 
Chat via Whatsapp