ciri khas batik wonogiren

Batik Wonogiren Apa Ciri Khas Batiknya Wonogiri

Mendengar kata batik wonogiren pastinya langsung mengarah pada tempat pembuatannya. Ya, mestinya begitu. Namun, sebenarnya kenapa di sebut dengan batik wonogiren dan apa ciri khas batiknya wonogiri itu. Berikut kami ulas sekilas mengenai batik wonogiren dan apa ciri khas batiknya wonogiri.

Wonogiren berasal dari kata wonogiri dengan en merupakan dari. Asal, tempat serta asal usul. Nah, wonogiren penyebutan istilah menandakan wonogiri sebagai lokus nya. Merupakan sebuah kabupaten yang terletak di selatan surakarta. Wonogiri memiliki luas wilayah 1822 km2. Ini merupakan kabupaten terluas kedua se jawa tengah.

Batik wonogiren sebagai istilah yang merakyat, yang membuat kita langsung tau bahwa ini adalah batik khas nya wonogiri. Apa ciri khasnya, sobat sidobatik insyaallah langsung bisa memahami setelah membaca tulisan ini.

Ini Ciri Khas Batik Wonogiren 

Ciri khas batik wonogiren adalah motif remekan atau motif pecah. Motif ini dihasilkan oleh lilin malam ( wax ) yang di remas sehingga alur lilinnya menjadi pecah atau remuk. Lilin ini khusus, disebut dengan parafin. Warnanya putih bersih dan jika dipanaskan cairannya bening.

batik wonogiren
Ada khas remukan motif di batik wonogiren

Dalam proses pembuatan batik wonogiren, parafin menjadi bahan lilin utama yang membentuk adanya motif pecah. Pasca penorehan lilin parafin ke kain, kemudian di remas atau dengan tekhnik apapun yang bisa menghasilkan pecah atau remuk line motifnya. Di sela remukan nanti, setelah di berikan zat warna maka akan membentuk garis pecah yang unik. Inilah ciri khasnya batik wonogiren.

Saya kurang tau pasti, apakah dulunya memang disengaja atau kebetulan saja. Yang jelas, terkadang proses ini alami, membawa keunikan motif yang dihasilkan dari ketidaksengajaan pengrajin saat membuat motif.

Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa ini merupakan hasil dari ketidaksengajaan, sehingga saat membuat motif terjadi demikian motif remuk menjadi pecah kemudian tersebuth zat pewarna jadilah motif yang unik ciri khas batik wonogiri yang sering disebut dengan batik wonogiren.

Baca Juga  Batik Jambi Indonesia

Ya, begitu lah ciri khasnya. Simple, bukan pada bentuk motif yang membawa nuansa alam atau potensi daerah tertentu namun pada kharakteristik motifnya yang remuk atau pecah dengan penggunaan parafin sebagai perintang warna pada kain yang di batik.

Dah paham kan sobat ?

1 komentar untuk “Batik Wonogiren Apa Ciri Khas Batiknya Wonogiri”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *